Menonton Drama Musim Dingin "Quilters"

Setiap musim panggung Kikrwood selalu diramaikan oleh pementasan mahasiswa yang biasanya disutradarai langsung oleh dosen mereka. Pemain drama ini harus melalui casting yang cukup kompetitif. Drama musim dingin tahun ini bertajuk Quilters.


Untuk menjadi pemeran dalam drama musical Quilters, para pemerannya tidak hanya harus bisa bermain peran dengan baik tetapi juga harus bisa menari dan menyanyi. Drama ini semakin menarik karena semua peran diperankan oleh perempuan.

Quilters pertama kali muncul pada tahun 1982, ditulis oleh Barbara Newman, sedangkan music dan lyricsnya diciptakan oleh Barbara Damashek. Dalam Bahasa Indonesia Quilters artinya selimut, sprey atau sarung bantal yang terbuat dari kain perca yang dijahit dengan mengikuti pola-pola tertentu.

Drama ini bercerita tentang kehidupan 7 perempuan “American West,” pada abad ke 18 dan tidak diceritakan seperti drama pada umumnya. Musik menjadi bagian dari cerita yang ingin disampaikan. Plot drama ini mengalir dalam 14 quilters yang ditunjukkan. Setiap quilter memberi gambaran dan merefleksikan kehidupan perempuan Amerika saat itu.

Pertunjukan dibuka oleh dialogue antara anak dan ibu, dalam pembukaan pemain drama menunjukkan kehidupan musim dingin yang mencekam. Hawa dingin tidak hanya membunuh hewan ternak mereka tapi juga sanak saudara dan keluarga.

Setiap bagian drama ini sangat menarik, budaya membuat quilters tidak hanya menujukkan bagaimana mereka bisa bertahan di musim dingin tetapi juga digunakan sebagai lambing cinta kasih dalam berbagai seri kehiduhapan saat itu seperti kematian, kelahiran, pernikahan dan menujukkan peranan penting perempuan pada saat itu. Menonton drama ini membawa saya ke dalam sejarah Amerika.

Bersetting pada abad ke 18 membuat drama ini membutuhkan persiapan yang lebih matang. Untuk mempersiapkan setting dan costume, Sally Ford dan Emily mempelajari berbagai desain dari abad tersebut. Selain itu, mereka harus desain kostum harus selaras dengan setiap karakter yang digambarkan. Untuk merancang kostum dan menjahitnya, dibutuhkan sekitar 24 jam untuk satu baju. 

Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa