Bukit Bukit Kecil Indah Yang Hampir Dilupakan

Saya sering bertanya-tanya mengapa penduduk Hindu Bali datang ke Lombok untuk sembahyang di Rinjani, bahkan salah satu Raja Karang Asem terdahulu mendirikan Taman Narmada, miniatur Rinjani untuk tempat sembahyang karena tidak mampu lagi mendaki gunung yang menjadi kebanggaan orang Sasak ini. Hingga akhirnya saya sampai pada journal-journal asing, beberapa Epistemologist menafsirkan bahwa kata Gumi Sasak (atau Lombok Island) berarti tanah leluhur. Mungkin ini adalah salah satu mozaik-mozaik dari jawaban yang saya cari. Pada setiap pura yang saya kunjungi tentu terdapat tiga meru yang tidak hanya melambangkan Brahma, Siva dan Visnu, tiga dewa tertinggi dalam kepercayaan umat Hindu dan juga melambangkan tiga gunung yang dianggap suci di Indonesia yaitu Merapi, Agung dan Rinjani.

Beberapa journal international juga menyebutkan bahwa Lombok adalah peradaban Asia. Mereka menyebutnya Pompei of The East. Arkeolog-arkeolog asing bermimpi untuk melakukan penggalian besar, mencari kota misterius “Pamatan” yang tertimbun oleh abu dan lava Samalas. Selain itu nama bukit-bukit di Pulau Lombok pun sangat beragam, seperti merangkum berbagai nama tempat di Indonesia dan di Asia yang sepertinya bersekutu setuju bahwa Lombok adalah tanah leluhur. Anyway, mau tahu bukit apa saja? Siapa tahu kamu ingin ke sini untuk hiking atau olahraga dengan mengendarai sepeda gunungmu.

1) Bukit Malang
Jika menyebut nama ini, saya yakin sebagian besar orang Indonesia akan berpikir bahwa bukit ini berada di Malang, Jawa Timur. Bukit Malang tidak begitu tinggi, ketinggiannya tidak melebihi 1.500 mdpl. Bukit ini merupakan salah satu jalan menuju air terjun Geripak atau yang dikenal dengan nama Treng Willis. Bukit Malang tertelak di Desa Guntur Macan, kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.

Silhouette yang terbentuk oleh dua bukit yang menghimpit Bukit Malang 

Creek yang penuh air 

Trees library of Bukit Malang


2) Bukit Tinggi
Bukit Tinggi adalah sebuah desa yang letaknya hanya 30 menit dari Mataram, tepatnya di Desa Bukit Tinggi, Gunungsari, Lombok Barat bukan di propinsi Sumatra Barat. Desa yang berada di daerah ketinggian ini sangat dimanjakan oleh alam. Bukit Tinggi tidak hanya mengalir sungai-sungai yang tidak pernah kering, terdapat juga lebih dari tujuh air terjun yang bisa dijelajahi diantaranya yang paling terkenal adalah Tibu Tereng dan Tibu Kelambu.

Pemandangan memasuki Bukit Tinggi

Air Terjun kecil di atas Tibu kelambu

Tibu Kelambu

3) Bukit Korea and Bukit Camat
Kedua bukit ini sejalan, jika hiking ke Bukit Camat, Bukit Korea menjadi salah satu tempat persinggahan pertama. Bukit Korea ini biasanya dikunjungi oleh para pecinta sepeda gunung. Dari Bukit Korea dan puncak Bukit Camat, tidak hanya kota Mataram yang bisa dilihat, kedua sisi bukit ini apit oleh bukit-bukit kecil dan lembah yang berisi rumah penduduk dan persawahan yang terlihat seperti sembalun.kecil. Kedua bukit ini terletak di desa Dopang, Gunungsari, Lombok Barat.

Pemandangan dari Bukit Camat

Pemandangan dari Bukit Camat


Bukit Korea pada musim hujan

Bukit Korea pada musim hujan


4) Bukit Poan
Pernah dengar nama Poan? Untuk pecinta fashion Italy,  nama ini pasti sangat familiar. Namun Bukit Poan tidak seterkenal Poan dalam dunia fashion. Bukit Poan adalah salah satu pintu masuk air terjun Geripak. Jalan kecil menuju bukit ini cukup sempit dan berkelok-kelok. Barisan pohon-pohon membentuk kanopi yang membuat sepanjang jalan terasa sangat teduh. Hampir seluruh jalan sudah dipave dan nyaman untuk didaki, terutama untuk para pemula atau untuk latihan mendaki sebelum mendaki bukit-bukit yang ketinggiannya lebih dari 2.000 mdpl. Bukit Poan, terletak di Desa Poan kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.

Poan Path
Pemandangan dari Bukit Poan pada sore hari

Air Terjun Geripak atau Treng Wilis

5) Bukit Batu Puja
Bukit lainnya adalah Bukit Batu Puja. Dibanding bukit-bukit lainnya, bukit ini tidak kalah tinggi namun puncak setapak bukit ini sangat kecil. Kiri dan kanan adalah jurang, jadi harus extra hati-hati. Bukit Batu Puja ditandai oleh batu besar di mana biasanya orang-orang akan berhenti dan beristirahat. Bukit Batu Puja terletak di Desa Limbungan, Gunungsari, Lombok Barat.

Bukit Batu Puja

Bamboo Canopy menuju Bukit Batu Puja

6) Bukit Penyawangan
Saya dan teman-teman biasanya tidak hiking ke Bukit ini. Saya mengunjungi salah satu restaurant favorite adik saya, Penyawangan Resto. Lokasinya tepat di area bukit penyawangan yang mengahadap kea rah laut. Dari ketinggian ini, kita bisa menikmati wajah laut barat Pulau Lombok. Bukit ini terletak di Di Desa bengkaung, Batulayar, Lombok Barat. 


Sipping your juice on the high

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa