Rindu Di Bawah Puisi

Setiap orang pasti pernah berada di posisi di mana mereka harus mengatakan selamat tinggal atau meninggalkan orang yang mereka sayangi dan harus berhadapan dengan rasa rindu. Rasa rindu bisa terjadi karena siklus kehidupan dan kematian atau karena seseorang yang kita sayangi berada jauh atau karena kita atau dia memutuskan untuk tidak bertemu lagi. Rasa rindu biasanya dipenuhi dengan nostalgia dan kesedihan.

Untuk mengatasi rindu saya biasanya mencari alasan-alasan filosfis, misalnya berusaha untuk memahami bahwa perubahan adalah hukum alam. Tidak ada yang abadi, hidup itu menarik karena perubahan yang terjadi misalnya siang yang menjadi malam atau sebaliknya, seperti bunga merkar harus layu dan tumbang. Segalanya datang dan pergi, sangat dinamis. Karena jika semuanya statis, saya tidak akan mungkin mendapat kesempatan untuk bertemu dengan seseorang yang saya rindukan. Awan tidak akan begerak, bumi tidak akan berputar dan waktu tidak akan terdifinisi.

Alasan filosofis lainnya adalah cinta tidak egois. Mencintai tidak berarti harus bersamanya, manusia punya kemampuan untuk mencintai dari jauh dan tentu saya ingin melihat orang yang saya rindukan sehat dan hidup dengan baik.


Selain dua alasan filosofis ini saya juga menumpahkan semua perasaan saya pada tulisan. Seperti terapi, tulisan membantu saya merasa lebih lega. Menulis membantu saya mempelajari, memahami dan menerima keputusan yang kami setujui. Ada proses-proses pelepasan dan penerimaan saat semua ditulisakna dan dibaca kembali. Di bawah ini adalah definisi rindu dari buku Rindu Di Bawah Puisi yang tidak diterbitkan. 









Comments

  1. Bagus bangettt, saya pikir digital lebih eco!!

    ReplyDelete
  2. Tulisan tentang rindu yang meneduhkan

    ReplyDelete
  3. Pantes kamu sakit2 aja Zi, move on dong!! tapi bagus banget definisinya, love them all.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rindu pada masa lalu itu seperti imune tubuh. Kita kadang butuh kenangan masa lalu untuk booster, tapi kalo kebanyakan juga ga baik.... ibarat kata, kita maju selangkah tapi kemudian terhempas 10 langkah... Masa lalu itu pecutan agar kita bisa lebih baik ke depannya! Semangat!!! 💃🏻💃🏻

      Delete
  4. Rindu adalah ekspresi kemuliaan hati yang yang hendak ingin menyatu dengan jiwa-jiwa yang se-nafas dengannya. Adapun kerinduan itu sendiri lahir sebagai akibat adanya tautan dan ikatan batin/hati yang terpisahkan oleh jarak waktu dan tempat yang mungkin dan tak mungkin lagi untuk menggapai momen dan tempat itu sendiri karena mungkin saja alamnya sudah berbeda. Di kala itu kita harus tabah dan sabar serta senantiasa selalu berdoa untuk meredam kerinduan yang memilukan tersebut.

    ReplyDelete
  5. The main motive of the AWS Big data consultant is to spread the knowledge so that they can give more big data engineers to the world.

    ReplyDelete
  6. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa