19 Jam Naik Kereta Amtrak, New York Chicago

Setelah berdebat cukup panjang dan mengemukakan berbagai alasan akhirnya kami memutuskan untuk naik kerata. Bukan main senangnya walau dua teman saya kurang ikhlas membayangkan 19 jam di kereta. Dari Hotelling international NY yang terletak di Amsterdam Avenue kami berjalan satu block menuju Broadway, menuruni tangga menaiki kereta bawah tanah atau subway menuju Pennsylvania station. Kurang dari 30 menit kami tiba di tempat. Kami sengaja berangkat lebih awal supaya bisa istirahat dan makan siang di stasiun.

Sebagian besar waktu kami habiskan diruang tunggu sambil sesekali melihat papan pengumuman electronic raksasa yang di pajang di tengah gedung, membunuh waktu dengan online di sosial media, menulis, membaca dan membicarakan tingkah lucu dan bodoh yang kami lakukan selama tinggal di NY hingga pembicaraan kami dipotong oleh pengumuman. Boarding kereta hanya membutuhkan 15 menit. Tidak ada pemeriksaan ketat, tidak harus buka jaket, buka sepatu, mengeluarkan laptop dan handphone atau masuk tabung pemeriksaan. Beberapa staff berdiri untuk mengarahkan kami ke kereta yang akan kami naiki. Dengan tenaganya yang kuat, seorang petugas memasukkan koper saya ke kereta.


Voila! Kursi kursi biru besar dengan sandaran yang nyaman membuat kami semua tersenyum. Ternyata lebih nyaman dari pada pesawat. Sandaran kursinya bisa di rebahkan sedangkan tempat duduknya di lengkapi dengan perpanjangan yang membuat penumpang bisa meluruskan kakinya. Terdapat juga meja lipat persis seperti meja lipat di pesawat. Sayang wifi yang disediakan Amtrak kurang cepat dan sering gangguan.


Setelah semua penumpang duduk manis, kereta mulai bergerak. Hudson River dan jembatan-jembatan raksasa terlihat jelas. Daun masih menguning, belum sepenuhnya meninggalkan pohonya. “NY memang jauh lebih hangat dari pada Iowa” Ini adalah kalimat yang selalu diucapkan sepanjang jalan oleh kami penggerutu. Kereta ini terasa seperti rumah karena dilengkapi dengan restaurant dan cafĂ© yang menjadi ruang makan kami. Dari NY kereta berjalan menuju Philadelphia kemudia melintasi daerah selatan Pennsylvania, melintas di tepi Lake Erie di negara bagian Ohio, terus melaju ke Indiana dan berhenti di Union Station, Chicago Illinois.




Kalau naik Amtrak sebaiknya membeli tiket  jauh-jauh hari sebelum perjalanan, apalagi kalau melakukan perjalanan pada libur panjang, harga tiket kereta bisa dua kali lipat harga tiket pesawat kalau membeli tiga atau dua hari sebelum hari libur. Karena saya melakukan perjalanan pada liburan musim gugur, saya mendapatkan tiket seharga $109.  

Comments

  1. Membaca blog sista sy ne bikin kecanduan keliling kambuh

    ReplyDelete
  2. You miss to travel again also because "traveling is your DNA" :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa