10 Hal Baru Bagi Orang Indonesia Yang Pertama Kali Datang Ke Amerika

Sebagai orang baru di tempat asing butuh banyak waktu untuk mengerti budaya dan aturan yang berlaku. Kadang-kadang saya sering lupa karena ada beberapa kebiasaan yang susah diubah misalnya seperti membuka sepatu ketika masuk ke rumah seseorang atau ke dalam  ruangan, tiba-tiba mengucapkan kata tabeq yang artinya permisi dalam Bahasa Sasak kalau lewat, makan dengan tangan dan sering kali mau masak air untuk diminum. Hal baru yang berlaku di negeri asing bisa jadi menyusahkan atau malah sebaliknya, tapi tetap cara kita dibesarkan, kebiasaan dalam keluarga, lingkungan dan komunitas sangat berpengaruh besar. Seberapapun kerasnya kita berusaha untuk menekannya, hal itu kadang tiba-tiba muncul karena sudah menjadi bagian dari diri kita. Kali ini saya ingin berbagi beberapa hal baru yang membuat saya betah di USA.

1. Di sini saya bisa memanggil dosen saya dengan namanya. Hubungan guru dan murid tidak kaku. Pertama kali bertemu dengan Academic Advisor sangat menyenangkan, dia menjelaskan segala sesuatu dengan detail bahkan menyarankan saya untuk menjadi penulis atau editor di Koran kampus. Dia juga meminta saya untuk menuliskan alamat email supaya lebih mudah dihubungi kalau ada informasi penting yang perlu saya ketahui.
2.  Di jemput oleh orang penting di Bandara adalah hal biasa
Dua roommates saya dari Brazil dijemput langsung oleh dekannya. Dekannya bahkan mengangkat koper-koper mereka sampai ke lantai tiga.  Saya ingat betul ketika mereka bertiga sampai di Apartment dan memperkenalkan diri. “Hi Zi, Jan Ann told me about you, well I am Scott, Dean Agricultural Science, these two girls are my students and they are your roommates, you are not alone anymore”.
3. Mobil akan berhenti kalau pejalan kaki menyebrang di Zebra Cross
Pejalan kaki sangat dihormati di Amerika, bagaimana tidak warga Amerika menyadari benar  bahwa negara mereka adalah salah satu penghasil polusi terbesar di dunia.
4.  Saturday Free Ride
Setiap hari sabtu bisa keliling kota tanpa harus mengeluarkan ongkos sepeserpun dengan naik Bus. Ini tidak hanya berlaku untuk mahasiswa tapi juga untuk seluruh warga kota Cedar Rapids.
5.  Gratis naik Bis ke kampus
Ada banyak keuntungan jadi mahasiswa, selain gratis naik bus mahasiswa sering mendapat diskon atau tidak perlu membayar pajak ketika membeli barang elektronik terutama kalau beli laptop.
6. Kalau beli minuman bersoda seperti pepsi atau coca-cola gratis refill sepuasnya.
7.   Bisa minum langsung dari keran
Tidak perlu membawa air minum, bawa saja botol kosong atau tidak membawa botol juga tidak apa-apa karena bisa minum air langsung dari keran tanpa perlu direbus.
8.  Gratis Wifi di mana-mana
9.  Smiley Man
Tidak pernah terpikir kalau orang Amerika ramah-ramah seperti orang Indonesia. Tapi ternyata saya salah. Orang Amerika memang ramah.
10. Dengan 25 Cent atau sekitar Rp. 3.500 bisa mendapatkan satu buku bacaan atau novel bekas yang masih bagus. 

Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa