Pesona Pulau Kanawa

Semakin ke timur saya pasti akan semakin lambat, alasan pertama karena terpaku dengan keindahan pulau-pulaunya yang belum tersentuh, alasan kedua tentu saja saya ingin mengabadikan momen-monen yang saya lewati dalam kamera. Setelah menempuh perjalanan dalam waktu tempuh yang lebih lama dari biasanya akhirnya sampailah saya di Kepulaun Balu. Kepulauan ini terletak di Sumbawa Barat. Di kepulauan ini ada salah satu pulau yang semakin tahun semakin terkenal, namanya pulau Kanawa. Kanawa kini telah menjadi objek wisata utama diatara tujuh pulau yang tersebar di sekitarnya. Tidak hanya dikunjungi oleh penduduk lokal setempat, pulau  ini juga sering dijadikan tempat syuting film-film Indonesia.

Pulau Kenawa berbentuk lonjong yang diujungnya bediri sebuah bukit kecil yang tingginya kurang dari 500 m. Untuk mencapai puncak hanya dibutuhkan sekitar 15 menit jalan dari gerbang untama pulau. Dari puncak, pemanadangan bukit-bukit, Gunung Rinjani dan pulau-pulau di sekitarnya tampak semakin indah. Kalau beruntung bisa melihat ikan-ikan besar atau gurita raksasa dari puncak. Tanah Pulau Kenawa dipenuhi oleh rumput-rumput yang menghijau pada musim penghujan dan menguning pada musim panas. Di lingkar selatan pulau ini tersebar tanaman bakau yang selalu hijau di setiap musim. Tidak ada keluarga atau penduduk sekitar yang mendiami pulau ini. Pulau ini memang dirancang untuk kebutuhan wisata.

Suhu di Pulau Kenawa rata-rata mencapai 30 C. Cukup panas memang namun de sepanjang pantai terdapat gazebo untuk berteduh ataupun bersantai setelah menghabiskan tenanga untuk melakukan aktivitas air favoritmu. Fasilitas lainnya adalah toilet dan ruang ganti, namun taoilet ini tidak berfunsi dengan baik. Sebaiknya mampir ke toilet warga setempat sebelum menyebrang ke Pulau Kenawa. Untuk mencapai Pulau Kenawa cukup mudah. Dari Pulau Lombok bisa di akses melalui Pelabuhan Kayangan. Untuk mencapai Pelabuhan Kayangan dari pusat kota sebaiknya mengikuti rute Mataram-Sweta-Narmada-Masbagik-Pringgabaya-Pelabuhan Kayangan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setiap jam kapal Ferry selalu tersedia. Kapal ini membutuhkan waktu untuk mencapai Pelabuhan Pototano sekitar 2 jam. Biaya penyebrangan untuk kendaran motor roda dua IDR. 54.000.  Sedangkan dari Pototano ke Pelabuhan Gili Balu hanya membutuhkan waktu 10 menit jalan. Di pelabuhan ini tidak ada public boat sebaiknya langsung ke rumah penduduk sekitar dan meminta nelayan untuk diantar ke Pulau Kenawa. Tarifnya bisa bervariasi mulai dari IDR 150.000 sampai IDR 400.000 tergantung jumlah penumpang dan skill menawar. Untuk sampai di Pulau Kanawa hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pelabuhan Gili Balu. Safe Trip!

Tips
·         Gunakan sunblock untuk melindungi kulit
·         Bawalah payung
·         Pakailah sepatu kalau ingin naik bukit
·         Bawa bekal seperlunya karena di Pulau Kenawa tidak ada warung ataupun rum
·         Mampir di toilet warga
·         Bawa alat snorkeling
·         Bawa sampahmu pulang
·     Hati-hati kalau merokok terutama pada musim panas karena bisa membakar padang rumput    Kanawa
·      Sebaiknya berangkat pada pagi hari supaya tidak terjebak macet terutama di depan pasar-pasar besar yang terletak di pinggir jalan








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa