10 Gili Yang Tidak Berpenghuni Di Sekitar Pulau Lombok

Di perairan Nusa Tenggara Barat terdapat sekitar 200 pulau-pulau kecil atau yang akrab disebut gili oleh masyarakat NTB. Sebagian besar pulau-pulau ini tersebar di sekitar dua pulau utama yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Di Pulau Lombok sendiri gili-gili kecil ini biasanya disewakan atau dikelola oleh pemerintah setempat dan seringkali dijadikan tempat wisata. Walaupun demikian masih banyak gili-gili yang tidak berpenghuni dan jarang sekali dikunjungi. Ketika menginjakkan kaki di pulau-pulau tak berpenghuni ini, sering kali saya menjadi satu-satunya pengunjung yang datang pada hari itu. Rasanya seperti penjelajah terkenal Amerigo Vespucci yang menemukan dan menamai Benua Amerika. Inilah 10 gili yang tak berpenghuni di Lombok yang membuatmu merasa seperti penjelajah.
1.       Gili Poh
Gili ini berlokasi di daerah sekotong, Lombok Barat. Gili Poh aadalah gili yang mungil. Gili ini dipenuhi oleh padang rumput dan terdapat sebuah menara mencusuar. Pasirnyapun sangat putih dan lembut. 


2.       Gili Lontar
Nama Gili ini diambil dari nama pohon yang mendominasinya. Ya Gili ini dipenuhi oleh pohon Lontar. Dari jauh pulau ini terlihat seperti piring yang berisi penuh sayur-sayuran. Warna pasirnya pink. Apalagi kalau datang pada siang hari, warnanya pinknya tampak lebih terang. Gili Lontar terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat.


3.       Gili Kalibumbung
Kalibumbung memiliki garis pantai yang sangat pendek yang diapit oleh tebing-tebing pendek yang bisa di daki. Gili ini sering biasanya menjadi tempat bertamasya orang-orang yang tinggal di gili-gili sekitarnya. Gili ini terletak di Keruak, Lombok Timur.


4.       Gili Goleng
Gili Goleng terletak di daerah Sekotong tepatnya di sebelah timur Gili Asahan. Pulau ini dipenuhi oleh Pohon Sengon dan pohon kelapa. Airnya sangat jernih. Karang-karang dan ikan terlihat jelas.

5.       Gili Layar
Ketika berjalan di pasir pantai Gili Layar pasti kaki-kaki kalian akan tenggelam ke dalam pasir putih yang lembut seperti bubur. Di sebelah timur Gili ini juga terdapat sebuah bukit yang selalu siap untuk didaki. Alam bawah lautnya diperindah dengan karang-karang meja.





6.       Gili Sunut
Beberapa tahun yang lalu Gili ini sempat dihuni oleh sekitar 109 keluarga. Namun sekarang penduduknya telah di pindahkan ke pulau Lombok. Kini Gili Sunut dipenuhi padang rumput yang membuatnya terlihat seperti Afrika kecil pada musim kemarau. Gili ini terletak di Jerowaru, Lombok Timur.



7.       Gili Lawang
Dalam bahasa Sasak, “lawang” artinya pintu. Di namakan Gili Lawang karena dipenuhi oleh hutan bakau dan terdapat garis pantai pendek yang masing-masing berfungsi sebagai pintu masuk. Hampir 95% pulai oleh tanaman bakau. Gili Lawang terletak di daerah Sambelia, Lombok Timur.



8.       Gili Bidara
Gili Bidara sering menjadi persinggahan para Nelayan. Terkadang beberapa nelayan menjemur ikan-ikannya di sini. Terdapat sekitar 5 gubuk kecil yang terbuat dari daun kelapa yang sengaja dibangun oleh para Nelayan. Terdapat juga satu berugaq yang disediakan untuk para pemgunjung.



9.       Gili Putih
Gili putih memang sangat putih. Terletak di daerah Sunut. Gili ini berbentuk lonjong dan pipih. Gili Putih berada di tengah-tengah teluk kecil yang sempit. Di sekitarnya terdapat tunbuhan bakau yang tidak terlalu lebat. Pada saat air pasang Gili ini akan tenggelam dan terlihat kembali pada saat air surut.



10.   Gili Petelu
Gili ini adalah rumah bagi tumbuhan, moyet, biawak dan beberapa jenis burung. Biasanya Gili ini disinggahi oleh para turis yang suka menikmati keindahan bawah laut di sekitar daerah Gili Petelu. Lokasinya di wilayah Lombok Timur. Bisa diakses melalu Tanjung Luar ataupun Pantai Pink.



Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa