Lombok-Sumbawa Naik Ferry Asyik!

Setiap kali menyebrang ke Pulau Sumbawa saya lebih memilih classic way. Lebih lama di jalan, lebih banyak yang bisa dilihat dan dialami apalagi banyak tempat-tempat yang indah yang akan dilihat, dari pemandangan Gunung Rinjani sampai aktivitas nelayan kecil di sekitar pelabuhan. Dari Mataram saya dan teman saya berangkat sekitar pukul 06.00 pagi dan sampai di Pelabuhan Kayangan jam 08.10 pagi. Pelabuhan Kayangan terletak di Lombok Timur. Route yang bisa ditempuh Mataram-Sweta-Narmada-Kopang-Masbagek-Aikmel-Pringgabaya-Pelabuhan Kayangan.

Pemandangan di sekitar Pelabuhan Kayangan
Karena kami naik motor jadi kami harus membayar tiket seharga Rp. 54.000. Sementara untuk penumpang dewasa yang tidak memakai kendaran atau istilahnya pejalan kaki dewasa dikenakan ongkos Rp. 20.000/orang. Tarif untuk anak-anak hanya Rp. 12.000/anak. Penyebrangan dari Lombok ke Pelabuhan Pototano, Sumbawa atau sebaliknya memakan waktu kurang lebih 2 jam. Untuk jadwal penyebrangan, setiap 40 menit kapal sudah siap menunggu penumpang. Biasnya penyebrangan pertama dimulai dari jam 00.00 dini hari dan kapal terakhir berangkat jam 23.20. Yeah non-stop 24 jam!

Sebaiknya mengambil penyebrangan di pagi hari atau sore hari apalagi kalau ingin menghasilkan foto-foto yang bagus selama perjalanan. Cahaya pagi dan jingga senja yang lembut sangat mendukung untuk mengambil gambar. Penyebrangan ini selalu terasa cepat karena kami dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Semakin mendekat ke pulau Sumbawa, pemandangannya semakin indah. Kepulauan Gili Balu yang terhampar di sekitar Pelabuhan Pototano seperti pagar ayu yang cantik-cantik menyambut tamunya “Selamat Datang Di Pulau Sumbawa”.
Pelabuhan Pototano

Photo by Loetfi

Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa