Ide Blogging Dari Yusran Darmawan


Setiap penulis pasti memiliki cara tersendiri untuk menemukan ide yang ingin dituangkan pada screen mereka bahkan biasanya ide-ide tersebut akan muncul pada moment-moment tertentu. Dari yang menjadikan toilet dan kamar mandi sebagai tempat berkontemplasi paling sakral sampai coffee shop yang mereka sebut sebagai kantor mereka. Minggu pagi tanggal 10 Septemper, blogger researcher, Yusan Darmawan hadir di tengah acara Temu Lombok Sumbawa Blogger yang juga merupakan rangkaian acara dari Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016 untuk berbagi tentang ide-ide menulis di blog.



Lelaki yang akrab dipanggil Bang Yusran ini membuka sesi sharingnya dengan sebuah kutipan dari Indonesian Literary Giant Pramoediya Ananta Toer yang menyatakan “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Dalam penjelasannya ia mematahkan berbagai mitos-mitos yang membuat seseorang tertahan untuk menulis. Yang paling menarik, Yusran menggaris-bawahi tiga aturan utama dan sepuluh ide blogging. Menulis harus dimulai dari hal-hal di sekitar, dimulai dari hal-hal yang kecil dan dimulai SEKARANG. Tiga aturan ini dasar ini akan memperkuat dan membantu penulis untuk menemukan rythme mereka dalam menulis. Sedangkan sepuluh ide blogging akan mengantar penulis untuk menemukan hal-hal yang lebih specific dalam mencari hal-hal yang ingin ditulis. 

      1. Steal Them
Mencuri ide dalam menulis itu syah, bukan mencuri isi dari tulisan. Dalam hal ini penulis bisa mengangkat suatu topik dan membuat argumen tentang topik tersebut di mana mereka bisa memaparkan alasan-alasan mengapa hal tersebut tidak setujui atau disetujui.

      2. Book Reviews
Bang Yusran menekankan “Penulis yang baik adalah pembaca yang lapar.”  Oleh karena itu Book Review adalah salah satu ide terdekat seorang penulis. Penulis bisa menguraikan plot summary, kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

      3. Interviews
Memunculkan tokoh utama dalam suatu tulisan akan menambah ketertarikan pembaca untuk membaca sebuah tulisan. Penulis bisa melakukan interview dan menulis hasil interview tersebut. Misalnya penulis bisa mewawancarai blogger, penulis buku atau tokoh-tokoh yang mereka anggap menarik.

      4. How To
Hal-hal yang bersifat procedural adalah hal inspiratif dan mudah untuk ditulis. Penulis bisa menulis tentang cara membuat passport, cara membuat SIM atau proses membuat Visa dan sebagainya.

      5. Guest Post
Untuk membuat content blog lebih menarik Yusran menyarankan penulis atau blogger menambahkan post-post berkualitas dari penulis yang lain.

      6. Writing Contest
Dengan mengikuti berbagai lomba menulis, tulisan tidak hanya terasah, topik yang tersedia akan membawa penulis untuk melhat ke sekitar mereka tentang ide-ide yang berkaitan dengan topik tersebut.

      7. Top Ten List
Bang Yusran menyarankan untuk merengking hal-hal yang disukai misalnya seperti film, buku, majalah, warung atau restaurant dan tempat-tempat menarik lainnya.  

      8. Share Travels
Ini adalah tulisan yang paling hits khususnya untuk blogger di pulau Lombok. Penulis bisa menulis tentang bagaimana cara ke tempat tujuan, apa yang bisa dilakukan di sana, bagaimana keadaan tempat tersebut, berapa biaya yang dibutuhkan dan fasilitas yang ada dan tidak ada sehingga para pengujung berikutnya bisa mempersiapkan diri .

      9. Quotes
Menulis berbagai kutipan dari tokoh-tokoh terkemuka atau orang-orang yang anda temui sehari-hari bisa juga menjadi bahan tulisan. Bang Yusran menambahkan bahwa tidak masalah kutipan yang diambil dari siapa asalkan kutipan tersebut bermakna bagi kita.
  
      10.  Answer Questions
Sebelum menulis, alangkah baiknya melakukan research tentang suatu topik kemudian cari perrtanya-pertanyaan menarik untuk dijawab dan dipost.

Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa