5 Tanjung Terindah Di Pulau Lombok

Pulau Lombok memang sangat kecil, tidak lebih besar dari negara kota Singapura. Namun pulau Lombok tidak ada habisnya. Setiap sudut adalah surga. Di Pulau Lombok berjajar daratan yang menjorok ke laut yang biasanya disebut tanjung. Tanjung-tanjung ini tersebar di beberapa daerah di pulau Lombok. Inilah 5 tanjung yang membuat pengunjungnya menarik nafas dalam-dalam karena keindahannya.

1.       Tanjung Belokkeng
Tanjung Belokkeng adalah surga yang tidak popular. Biasanya orang akan melewatinya karena tersembunyi di balik pepohonan. Tanjung ini berlokasi di Jalan Pariwisata Bagek Nempor Lombok Timur. Tepatnya jalan menuju Gili Sunut. Bentuk tanjung ini seperti gundukan bukit yang cukup rata. Pada musim hujan tanjung ini biasanya penuh ditanami dengan jagung. Dari tanjung ini pengunjung bisa melihat deretan pulau-pulau kecil seperti Gili Temeak dan Gili Petelu. Sedangkan di sebelah utara, Gunung Rinjani terlihat seperti lukisan menggantung di langit. Di sekitar tempat ini terdapat berugaq dan rumah singgah yang dibuat oleh penduduk setempat untuk menyimpan jagungnya.


2.       Tanjung Segui
Tangjung segui adalah ujung tenggara Pulau Lombok. Garis pantai Tanjung Segui didominasi oleh tebing zigzag tebing kuning yang tidak terlalu tinggi. Lautnya sangat bening. Degradasi warna yang jelas membuatmu ingin melakukan loncat tebing. Tanjung segue terletak tidak jauh dari Tanjung Belokkeng.


3.       Tanjung Bloam
Siapa yang tidak kenal Tanjung Bloam. Keindahaannya sudah sampai ke telinga wisatawan seluruh Indonesia. Bentuknya yang sangat unik seperti kerucut membuatnya terlihat seperti topi ulangtahun. Untuk mencapai tempat ini Pengunjung harus trekking sekitar 15 menit. Tanjung Bloam terletak di Jalan Pariwisata Bagek Nempor sebelum Pantai Pink. Tidak ada tanda atau papan petunjuk jalan karena terletak di balik hutan, sebaiknya bertanya pada penduduk setempat.



4.       Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit adalah deretan tebing yang sangat tinggi. Lautnya yang selalu mengamuk membuat tempat ini dijuluki surge berbahaya. Kalau beruntung dari bukit Tanjung ini bisa melihat segerombolan lumba-lumba. Di sekitar Tanjung ini juga terdapat peninggalan sejarah dari masa colonial Jepang berupa gua dan meriam.


5.       Tanjung Ann

Tanjung Ann terletak berjajar dengan pantai An. Tanjung yang berbentuk bukit ini sering dijadikan tempat syuting berbagai film dan iklan pariwisata. Tanjung Ann terletak di kabupaten Lombok Tengah. tepatnya 2 km ke timur dari Pantai Kuta.

Photo oleh Loetfi 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa