Sekilas Tentang American Family


Menerima beasiswa CCIP memberikan saya pengalaman menjadi bagian dari American Family. Tujuannya adalah untuk membantu penerima beasiswa beradaptasi dengan budaya Amerika dan menjadi penawar kalau  beberapa penerima beasiswa ini terkena homesick. Keluarga yang disebut sebagai mentor family ini memberikan gambaran tentang nilai-nilai, tradisi dan budaya keluarga Amerika. Sebelum datang ke US saya pikir film-film Hollywood cukup mewakili kehidupan keluarga Amerika yang sebenarnya.  Ternyata ada banyak hal yang tidak diceritakan.

Pernikahan

Rakyat Amerika sangat terbuka dan memiliki toleransi yang tinggi. Pernikahan dengan latar belakang pasangan yang berbeda adalah hal yang biasa terjadi. Pernikahan beda negara, beda agama, beda budaya bukan lagi hal yang tabu. Tahun ini pemerintah Amerika melegalkan pernikahan sesama jenis di seluruh negara bagiannya. Walaupun demikian banyak pasangan Amerika yang memilih untuk tidak menikah. Mereka lebih memilih untuk berkeluarga tanpa menikah. Hal ini dikenal dengan istilah cohabitation. Beberapa berpendapat bahwa inti dari suatu hubungan adalah cinta, kesetian dan tanggung jawab dan mempunyai anak tanpa menikahpun tidak akan mempersulit masalah birokrasi anak mereka, anak-anak mereka mempunyai hak yang sama dengan anak-anak lainnya. Biasanya pasangan muda Amerika memilih untuk tinggal bersama sebelum memasuki jenjang pernikahan.  Selain itu ada juga pasangan yang memilih untuk mempunyai anak terlebih dahulu baru menikah. Orang Amerika rata-rata menikah di atas umur 25 tahun.

Anggota Keluarga

Siapa anggota American Family? Seiring dengan perkembangan aturan dan budaya Amerika, definisi anggota keluarga Amerikapun berubah. Sebuah keluarga bisa terdiri dari ayah, ibu dan anak. Sekarang Anggota kelurga Amerika bisa jadi dua ayah dan anak atau dua ibu dan anak. Perempuan dewasa atau laki-laki dewasa yang lebih memilih untuk sendiri selamanya juga dianggap sebuah keluarga. Orang Amerika biasanya mempunyai tidak lebih dari 3 atau 4 anak. Ada banyak keluarga Amerika yang memiliki lebih dari tiga anak, tapi biasanya mereka mengadopsi anak tersebut dari berbagai negara. Hewan peliharaan termasuk anggota keluarga dalam budaya Amerika. Mentor family yang dipilih untuk saya memiliki 4 orang anak, 3 anak kandung dan 1 anak asuh dari Cina yang mereka besarkan sejak masih bayi.

Tanggung Jawab

Biasanya Ibu dan Ayah atau orang tua dalam keluarga amerika berbagi tanggung jawab. Dua-duanya bekerja untuk menafkahi keluarga. Meminta seoarang istri untuk diam di rumah tidak berlaku di Amerika. Para suami akan merasa bersalah jika melarang istri mereka melakukan hal yang mereka suka. Tentu saja para suami juga menyadari bahwa dukungan emosional dan material dari istri sangat penting untuk bertahan hidup di negara yang living costnya cukup tinggi. Dalam membagi tugas rumah, biasanya mereka membuat jadwal piket tersendiri.  Ibu Amerika saya bekerja di Kirkwood Community College tempat saya belajar. Dia tidak suka memasak, di rumah dia lebih suka bermain dengan anak-anak dan anjingnya. Sedangkan Ayah Amerika saya sangat sibuk tapi dia selalu menyempatkan diri  memasak untuk kami.

Kebiasaan dan Tradisi Keluarga

Pasangan Amerika sangat romantis. Mereka merayakan hari jadi atau ulang tahun pernikahan mereka setiap tahun. Biasanya mereka akan melakukan hal yang special pada hari itu. Pesta yang meriah biasanya dilakukan pada saat pernikahan berumur 25 tahun atau memasuki 50 tahun. Sedangkan untuk anak-anak Amerika, ulang tahun adalah hal yang sangat penting. Hampir tidak pernah saya dengar seseorang tidak tahu tempat dan tanggal lahirnya. Sejak kecil anak-anak Amerika ditanamkan sikap mandiri atau sikap “I can do it” oleh keluarga mereka. Pada umur 16 tahun biasanya anak-anak Amerika sudah mulai bekerja. Setelah taman SMA biasanya mereka tidak tinggal lagi bersama kedua orangtuanya.

Comments

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa