10 Prosedur Beasiswa Creative Community College Program (CCIP)


Photo oleh Jane Rix
Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan untuk warga negara Indonesia, dari beasiswa  ndergraduate, postgraduate, doctoral sampai beasiswa non-degree atau beasiswa tanpa gelar. Sayapun memilah dan memilih berbagai program yang cocok untuk saya ikuti. Akhirnya pilihan saya jatuh pada beasiswa CCIP yang merupakan program non degree karena saya tidak hanya ingin merasakan kehidupan di kampus tapi juga mendapat kesempatan untuk internship atau magang dan mengikuti berbagai aktivitas yang bersifat volunteering. Saya semakin jatuh cinta pada program beasiswa ini karena program ini sangat menganjurkan pesertanya untuk travel ke berbagai tempat pada saat liburan. Selain alasan tersebut, saya juga ingin mengambil jurusan yang lain, jurusan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan latar belakang pendidikan saya sebelumnya namun sesuai dengan passion saya. Pada tahun 2015 sayapun terpilih menjadi salah satu pesertanya. Bagi teman-teman yang memiliki kesamaan seperti saya dan ingin mencoba beasiswa ini ada beberapa prosedur yang harus dilewati.

1. Silahkan baca tentang program ini pada website resmi aminef atau langsung klik http://www.aminef.or.id.
2. Dowloadlah formulir pengisian. Kalau masih bingung cara menulis essay yang baik, bisa membaca artikel yang ditulis pada  http://ziadahsjournal.blogspot.com/2015/07/anatomi-essay-penerima-beasiswa-ccip.html. Selain itu siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada formulir tersebut. Kemudian kirim semua dokumen ke kantor aminef sesuai dengan alamat yang tertera pada formulir.
3. Interview dan test toefl biasanya dilaksanakan pada bulan January. Semua biaya tiket, hotel dan uang saku ditanggung oleh AMINEF.
4. Pengumuman hasil test pada bulan Januari. Hasil test biasanya diumumkan via email dan telephon.
5. Melengkapi Dokumen pada bulan Februari. Dokumen yang dibutuhkan biasanya harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Pada bulan ini, kandidat diminta untuk membuat paspor.
6. Medical check-up (MCU) pada bulan Maret. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca http://ziadahsjournal.blogspot.com/2015/07/petunjuk-medical-check-up-vaksinasi.html.
7. Pengisian Visa J-1 pada bulan Mei.
Pengisian Visa biasanya dilakukan secara online. Untuk mengetahui beberapa tips silahkan kunjungi http://len-diary.blogspot.com/2013/06/proses-pembuatan-visa-usa-jenis-j.html.
8. Pre Departure Orientation (PDT) pada bulan Juni.  
Pada fase ini biasanya akan diisi oleh berbagai workshop dari alumni-alumni sebelumnya, team building dan video call dengan 3 direktur konsersium di US. PDT biasanya ditutup dengan Cultural Night di mana para penerima beasiswa CCIP harus membawakan berbagai kesenian dari daerah masing-masing. Setelah PDT berakhir, wawancara Visa J-1 di Kedutaan US Jakarta adalah agenda selanjutnya.
9. Kontak Dengan Konsorsium
Kontak dengan konsersium di US biasanya dilakukan setelah PDT. Pada Fase ini biasanya peserta diberikan beberapa questionnaire dan menulis berbagai essay singkat. Beberapa peserta bahkan telah mendapat nomor mahasiswa mereka sebelum berangkat ke USA. E-ticket biasanya dikirim langsung oleh konsersium dan AMINEF.

10. Ready for being International Student in one of American Colleges!

Comments

  1. Great Zi,, keep us updated with what you are doing ya. Inspiring...

    ReplyDelete
  2. Nice to see this.. Kapan2, bolehkah saya bertanya tentang Essay ?

    ReplyDelete
  3. hai kalo bahasa inggris pas pas an apa bisa ya ikut program ini. thx :)

    ReplyDelete
  4. Selamat malam. Maaf mau tanya, klo utk persyaratan ijazah SMA yg harus ditranslate, apakah perlu disertakan surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan? Saya sudah menggunakan jasa Penerjemah tersumpah. Mohon informasinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Rosa tidak perlu melampir surat keterangan dari sekolah, Ufi bahasa Inggrisnya harus communicative dan ada standardnya untuk toefl, semangat ya...

    ReplyDelete
  6. Rosa tidak perlu melampir surat keterangan dari sekolah, Ufi bahasa Inggrisnya harus communicative dan ada standardnya untuk toefl, semangat ya...

    ReplyDelete
  7. Selamat siang, kak. Kak, pada program beasiswa CCI ini, apakah tempat tinggal kita di US nanti sudah disediakan, atau harus kita yang mencari sendiri? Lalu untuk community collegenya apakah kita juga yang memilih ? Terima kasih kak sebelumnya atas informasi CCI nya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa