5 Hutan Di Pulau Lombok Yang Membuatmu Seperti Di Dalam Buku


Setiap kali membaca buku, hutan menjadi salah satu tempat yang sering sekali dijadikan seting. Bagaimana tidak, keberadaan pohon-pohon dan cahaya yang menembus dedaunan bisa menambah efek imajinasi yang kuat ketika pembaca menikmati penggambaran adegan yang dibacanya. Apalagi kalau pohon-pohon di hutan tersebut terbilang cukup tua. Berbicara soal hutan, terdapat beberapa hutan yang tidak boleh kamu skip ketika berkunjung ke Pulau Lombok. Hutan-hutan ini akan membuatmu menarik nafas dalam-dalam karena kagum dan merasa seperti berada di dalam dongeng-dongeng atau novel-novel yang pernah kamu baca.

1.     Hutan Bakau Petagan
Hutan bakau ini ada di Gili Petagan, Lombok Timur, sekitar 20 menit dari bibir pantai. Penyebaran tumbuhan bakau di hutan ini sangat unik. Beberapa bagiannya membentuk sungai di tengah laut. Ketika menyusuri hutan ini, setingnya akan membawamu ke negeri entah berantah di pedalaman amazon

2.     Hutan Sengon
Terletak di bagian timur selatan pulau Lombok, tepatnya di kecamatan Jerowaru, Jalan Pariwisata Bagek Nempor. Seperti namanya, hutan ini dipenuhi oleh pohon sengon yang selalu meranggas pada musim kemarau dan mulai menampakkan daun-daunnya di musim penghujan. Ketika berjalan di antara pohon-pohon ini terutama pada musim kemarau akan serasa berada dalam buku-buku Haruki Murakami yang berseting pada musim gugur.

Photo by Loetfi

3.     Hutan Cemara Rinjani
Siapa yang tidak mengenal keindahan Taman Nasional Rinjani. Pada ketingggian 2.000 m diatas permukaan laut, Taman ini dipenuhi oleh hutan cemara. Kalau mendaki Rinjani pada saat cuaca cerah, pohon-pohon ini akan membuatmu masuk ke dalam novel-novel romantis terkenal Stephanie Meyer. Sebaliknya, pada saat berkabut, berada di hutan ini akan menimbulkan perasaan ngeri seperti berada dalam cerita horor.



4.     Hutan Pohon Raksasa Sambelia
Hutan ini sangat cocok untuk penggemar buku J.R.R Tolkien. Mengapa begitu? Hutan ini dipenuhi oleh pohon-pohon raksasa tua yang umurnya ratusan tahun. Menyusuri hutan ini akan membuatmu merasa seperti elf yang sedang membersihkan teritorinya dari bangsa orc. Jangan pakai bahasa Entish di sini kalau tidak mau disangka orang gila. Pohon-pohon raksasa tua ini termasuk ke dalam jenis coniferophyta group. 

Photo by Lely Reborn

5.     Hutan Suranadi
Yang terakhir adalah hutan Suranadi. Hutan yang sangat representatif untuk mewakili hutan-huta tropis yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai jenis tanaman dan pohon-pohonan. Di hutan ini juga terdapat beberapa pohon yang erumur ratusan tahun. Kalau pernah membaca buku Dewi Lestari yang berjudul Partikel pasti tidak akan merasa asing denga keadaan hutan ini. Hutan Suranadi terletak di Jalan Pariwisata Suranadi, Desa Suranadi, Lombok Barat.
  
Photo by Clare Took
Sebelum berpetualang di hutan-hutan yang saya sebutkan di atas sebaiknya memakai lotion anti-nyamuk terlebih dahulu, memakai sepatu atau sandal gunung dan ditemani oleh pemandu atau teman yang sudah pernah datang ke sana khususnya untuk yang mau pergi ke Hutan Cemara Rinjani. Hati-hati, kalau tersesat you will find your own way!

Comments

  1. Are you falling in love when you write this??? Hahaha... Tulisannya sumringah sekali. Love it.

    ReplyDelete
  2. Are you falling in love when you write this??? Hahaha... Tulisannya sumringah sekali. Love it.

    ReplyDelete
  3. You know that so well.... I wanna be tree! :)

    ReplyDelete
  4. wahhh....aku suka banget foto yang di jerowaru itu..kerennn..:)

    ReplyDelete
  5. Hutan sengon itu kami yg nanem kaya'nya pas KemahBaktiMahasiswa Unram 2002

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Esai AAS: Kamu Melamar Apa atau Siapa?

Anatomi Essay Penerima Beasiswa CCIP

ESSAY REVIEW: Perempuan Penerima Tiga Beasiswa